Wednesday, June 10, 2015

Pengenalan Penyakit TBC - Bagian 1

APA ITU PENYAKIT TBC ?

Tuberkulosis adalah penyakit menular langsung yang disebabkan oleh  Mycobacterium tuberculosis, yang sebagian besar (80%) menyerang paru-paru.  Mycobacterium tuberculosis termasuk basil gram positif, berbentuk batang,  dinding selnya mengandung komplek lipida-glikolipida serta lilin (wax) yang sulit  ditembus zat kimia.

Umumnya Mycobacterium tuberculosis menyerang paru dan sebagian kecil  organ tubuh lain. Kuman ini mempunyai sifat khusus, yakni tahan terhadap asam  pada pewarnaan, hal ini dipakai untuk  identifikasi dahak secara mikroskopis, Sehingga disebut sebagai Basil Tahan Asam (BTA). Mycobacterium tuberculosis  cepat mati dengan matahari langsung, tetapi dapat bertahan hidup pada tempat  yang gelap dan lembab. Dalam jaringan tubuh, kuman dapat dormant (tertidur  sampai beberapa tahun). TB timbul berdasarkan  kemampuannya untuk  memperbanyak diri di dalam sel-sel fagosit.

Sumber penularan adalah penderita TB BTA positif pada waktu batuk atau  bersin, penderita menyebarkan kuman ke udara dalam bentuk droplet (percikan  dahak). Droplet yang mengandung kuman dapat bertahan di udara pada suhu  kamar selama beberapa jam. Orang dapat terinfeksi kalau droplet tersebut  terhirup kedalam saluran pernafasan. Jadi penularan TB tidak terjadi melalui
perlengkapan makan, baju, dan perlengkapan tidur. Setelah kuman TB masuk ke dalam tubuh manusia melalui pernafasan, kuman  TB tersebut dapat menyebar dari paru kebagian tubuh lainnya, melalui sistem  peredaran darah, sistem saluran limfe, saluran nafas, atau penyebaran langsung  ke bagian-bagian tubuh lainnya.

Daya penularan dari seorang penderita ditentukan oleh banyaknya kuman yang dikeluarkan dari parunya. Makin tinggi derajat positif hasil pemeriksaan dahak, makin menular penderita tersebut. Bila  hasil pemeriksaan dahak negatif (tidak terlihat kuman), maka penderita tersebut  dianggap tidak menular.
Kemungkinan seseorang terinfeksi TB ditentukan oleh konsentrasi droplet dalam  udara dan lamanya menghirup udara tersebut.

No comments:

Post a Comment